Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1 SD Lengkap PDF

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1 – Memasuki tahun terakhir di Sekolah Dasar, materi bahasa Inggris kelas 6 semester 1 menghadirkan petualangan pengetahuan yang semakin mendalam dan tetap menarik untuk dipelajari.

Dalam semester pertama di kelas 6 ini, siswa akan diperkenalkan pada materi yang berfokus pada kalimat lampau atau kegiatan di masa lampau. Siswa akan diajak mendalami pemahaman tentang “tenses”, khususnya mengenai “past tense”.

Pada semester ini juga, siswa akan mendalami materi bahasa Inggris dengan membaca dan menganalisis berbagai teks yang menggambarkan kegiatan di masa lalu. Melalui pembelajaran ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman mendalam tentang kegiatan di masa lampau.

Selain membaca dan memahami, pada semester pertama ini juga menekankan pengembangan menulis dan mendengarkan siswa. Siswa akan diajak untuk mengekspresikan ide-ide menggunakan kosakata masa lampau dan mendengarkan cerita yang menggunakan kalimat-kalimat lampau.

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1

Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1 terbaru

Materi pembelajaran bahasa Inggris kelas 6 Sekolah Dasar (SD) semester 1 mencakup berbagai topik, termasuk latihan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kejadian di masa lalu. Fokus pembelajaran bahasa Inggris ini juga berfokus pada pengenalan dan penggunaan kata kerja “was” dan “were” ketika menceritakan pengalaman di masa lampau.

Baca juga: Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 2

Unit 1: I studied last night, but my sister didn’t

Materi bahasa Inggris kelas 6 SD semester 1 ini menantang siswa untuk dapat merinci kegiatan yang telah dilakukan di masa lalu. Tidak hanya sekadar menyebutkannya, melainkan siswa diharapkan mampu menyusun kalimat untuk menceritakan pengalaman atau aktivitas mereka pada masa tersebut.

Guru kemudian akan mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mendorong mereka berbicara tentang kegiatan masa lalu mereka. Adapun tujuan pembelajaran dari bab pertama adalah sebagai berikut.

  1. Siswa dapat menyebutkan kegiatan di waktu lampau.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi kegiatan di masa lampau.

Unit 2: We went to a museum last week

Untuk unit atau bab berikutnya, menekankan kemampuan siswa untuk memasukkan atau menyertakan informasi waktu dalam menjawab pertanyaan tentang kegiatan masa lalu. Siswa diharapkan mampu menggunakan kalimat lampau yang terstruktur dan lengkap, dengan menyertakan unsur subyek, kata kerja, dan keterangan waktu.

Tujuan pembelajaran dari bab kedua di semester pertama ini adalah sebagai berikut.

  1. Siswa dapat menggunakan kata keterangan waktu untuk kegiatan di masa lampau.
  2. Siswa dapat menggunakan kata keterangan waktu untuk membuat kalimat tentang kegiatan di masa lampau.

Unit 3: I was in Bali last week

Dalam unit ketiga ini, siswa akan diberikan serangkaian gambar yang menggambarkan suatu aktivitas. Siswa akan diminta untuk mengaitkan gambar-gambar tersebut dengan kalimat-kalimat yang menjelaskan kegiatan tersebut.

Selain itu, pembelajaran juga akan melibatkan siswa dalam membuat pertanyaan kepada teman mereka. Sedangkan tujuan pembelajaran dari unit ketiga ini adalah sebagai berikut.

  1. Siswa dapat menggunakan was/were untuk kegiatan di masa lampau.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi kalimat yang menggunakan was/were.

Unit 4: How did Cici feel yesterday?

Unit keempat di semester pertama akan mengajak siswa menggunakan “was” dan “were” dengan mengaitkannya dengan ekspresi perasaan. Misalnya, kata-kata yang berkaitan dengan perasaan di masa lalu seperti senang, sedih, marah, haus, khawatir, dan lainnya.

Tujuan pembelajaran dari bab keempat adalah sebagai berikut.

  1. Siswa dapat menggunakan was/were dalam kaitannya dengan perasaan.
  2. Siswa dapat membuat kalimat dengan menggunakan was/were dalam kaitannya dengan perasaan.

Unit 5: What did you do yesterday?

Materi unit 5 memberikan kesempatan kepada siswa untuk merinci jawaban terhadap pertanyaan what, where, when, why, who, dan how terkait kegiatan di masa lampau. Adapun tujuan pembelajaran unit kelima ini adalah sebagai berikut.

  1. Siswa mampu membuat pertanyaan 5W + 1H untuk kegiatan di masa lalu.
  2. Siswa mampu menjawab pertanyaan 5W + 1H untuk kegiatan di masa lalu.

Unit 6: My friend’s experience

Unit terakhir lebih menekankan pada kemampuan siswa dalam berbicara dengan menerapkan aturan tata bahasa masa lampau. Siswa diajak untuk merinci pengalaman mereka dengan melibatkan aspek perasaan, keterangan waktu, serta kemampuan menjawab pertanyaan 5W + 1H.

Adapun tujuan pembelajaran bab terakhir pada semester pertama ini adalah sebagai berikut.

  1. Siswa mampu berbicara tentang kegiatan mereka di masa lalu.
  2. Siswa mampu merespons pengalaman mereka dalam kegiatan masa lalu.

Download Buku Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1 PDF

Untuk melengkapi semua materi di atas, kami sediakan buku materi bahasa Inggris kelas enam semester ganjil. Acuan buku yakni Kurikulum Merdeka Adapun untuk bentuk file menggunakan PDF, jadi kamu bisa buku secara mudah melalui ponsel atau laptop. Berikut tautan download:

Download Materi Bahasa Inggris lainnya di bawah ini:
Materi Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 1Materi Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 2
Materi Bahasa Inggris Kelas 5 Semester 1Materi Bahasa Inggris Kelas 3 Semester 1
Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 2Materi Bahasa Inggris Kelas 2 Semester 1
Materi Bahasa Inggris Kelas 4 Semester 1Materi Bahasa Inggris Kelas 1 Semester 2

Kesimpulan

Materi bahasa Inggris kelas 6 semester 1 ini dirancang untuk memberikan landasan kuat bagi siswa dalam memahami dan menguasai tata bahasa, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan lampau atau di masa lalu. Dengan mempelajari tata bahasa yang lebih kompleks dan kosakata yang lebih luas, diharapkan siswa dapat memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih tinggi.

Bagikan:

Setyawan

Seorang pengajar yang sudah berpengalaman 15 tahun dalam dunia pendidikan.